Menu Close

Apakah Bisnis Anda Menguntungkan?

Salah satu pertanyaan paling menonjol yang diajukan oleh pemilik bisnis adalah “seberapa untungnya saya?”. Dari sana, pemilik bisnis mungkin juga bertanya “bagaimana saya bisa lebih menguntungkan?”

Pemilik bisnis penuh waktu sering bekerja lebih dari seminggu kerja penuh waktu tradisional. Mereka mungkin juga membawa pulang pekerjaan mereka. Mereka mungkin berpikir, hidup dan bernafas bisnis mereka. Wajar jika Anda ingin mengetahui seberapa baik bisnis Anda secara finansial. Wajar juga jika ingin mendapat imbalan yang bagus untuk inisiatif bisnis Anda.

Idealnya, bisnis Anda harus meningkatkan profitabilitas dari satu minggu ke minggu berikutnya, dari satu bulan ke bulan berikutnya, dari satu kuartal ke yang berikutnya dan dari satu tahun ke tahun berikutnya. Namun, jika bisnis Anda berada dalam industri siklus, Anda mungkin menemukan siklus yang dialami pada tingkat industri juga sedang dialami dalam bisnis Anda.

Artikel ini membantu Anda menjawab seberapa menguntungkan bisnis Anda dan bagaimana Anda dapat meningkatkan profitabilitasnya.

Seberapa Menguntungkan Saya?

Bergantung pada berapa lama Anda menjalankan bisnis Anda sendiri, Anda dapat memilih untuk memeriksa catatan keuangan Anda secara mingguan, bulanan, triwulanan, atau tahunan.

Terlepas dari periode analisis Anda, Anda perlu mempertimbangkan dua set angka: Pendapatan (pendapatan) bisnis Anda selama periode analisis dan pengeluaran bisnis Anda selama periode analisis yang sama. Penghasilan Anda dikurangi pengeluaran mencerminkan laba Anda pada periode yang sama.

Ketika pendapatan melebihi pengeluaran, bisnis Anda menguntungkan. Ketika pendapatan Anda sama dengan pengeluaran Anda, bisnis Anda mencapai titik impas. Akhirnya, ketika pendapatan Anda kurang dari pengeluaran Anda, bisnis Anda mengalami kerugian finansial.

Bagaimana Saya Bisa Lebih Menguntungkan?

Sementara pertanyaan pertama difokuskan pada masa lalu bisnis, pertanyaan kedua berfokus pada masa depan bisnis.

Ada tiga tuas yang dapat digunakan untuk meningkatkan profitabilitas ke depan.

Level 1

Tuas pertama yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan profitabilitas adalah harga jual barang dan jasa. Dengan menaikkan harga jual Anda, dengan semua faktor bisnis lainnya konstan, Anda secara otomatis meningkatkan keuntungan di masa depan.

Dalam mempertimbangkan seberapa besar Anda dapat meningkatkan barang dan jasa secara berkelanjutan tanpa kehilangan penjualan, Anda perlu mengetahui seberapa besar keinginan pelanggan untuk membayar kenaikan harga barang dan jasa Anda. Jika pelanggan Anda berfokus pada harga, Anda mungkin menemukan lebih sedikit ruang untuk meningkatkan harga jual Anda daripada jika pelanggan berfokus pada kaliber barang dan jasa yang diterima.

Level 2

Tuas kedua yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan profitabilitas adalah meningkatkan jumlah barang atau jasa yang dijual. Untuk menjual lebih banyak barang atau jasa, Anda perlu menjangkau pelanggan baru atau meningkatkan frekuensi Anda melayani pelanggan yang sudah ada. Yang pertama melibatkan inisiatif pemasaran yang lebih besar untuk menjangkau pelanggan baru sementara yang kedua mungkin melibatkan inisiatif pemasaran yang lebih besar dengan pelanggan yang sudah ada.

Level 3

Tuas terakhir yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan keuntungan melibatkan pengurangan biaya bisnis. Anda dapat mempertimbangkan mana dari pengeluaran bisnis yang secara langsung atau tidak langsung berkontribusi untuk menghasilkan pendapatan bisnis dan mana yang berlebihan. Bagi mereka yang memang diperlukan, Anda dapat mempertimbangkan apakah ada cara yang lebih efisien atau lebih efektif untuk mencapai tujuan yang sama. Dengan mengurangi sisi biaya dari persamaan laba, Anda tidak perlu bekerja keras untuk mencapai tingkat profitabilitas yang sama.

Seringkali lebih mudah untuk bekerja dengan tuas ketiga daripada bekerja dengan dua tuas pertama. Selain itu, Anda akan menemukan bahwa Anda dapat meningkatkan profitabilitas bisnis Anda lebih banyak lagi dengan menggabungkan kekuatan dua atau tiga dari tiga pengungkit.

Pada akhirnya, Anda dapat dengan mudah menilai keuntungan bisnis Anda dan juga bagaimana membuatnya lebih menguntungkan di masa depan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *